Cara membuat web/blog anti lelet

Cara membuat web/blog anti lelet -

oke kali ini ane akan posting tentang masalah blog, masalah blog yang erig kita temui adalah web/blog lama loadingnya atau lelet, tapi disini kita akan belajar membuat blog/web kita anti lelet
oke langsung aja kita hajar ini dia:


MELANGSINGKAN FILE

1. Meminimalkan Script
Gunakanlah plain HTML ketika mendesain halaman web Anda. Jangan melakukan format teks dan efek khusus secara berlebihan. Gunakan CSS untuk menentukan pola dari link pada halaman web Anda. Jika Anda menggunakan tool HTML jenis WYSIWYG, pastikan untuk menghapus semua ruang kosong yang muncul pada kode HTML.

2. Usahakan agar isi halaman web tidak bertele-teleIsi harus simpel dan mudah dimengerti. Gunakan kalimat-kalimat pendek namun mengesankan. Jangan menggunakan istilah-istilah "high-tech", kecuali jika pembaca Anda adalah kalangan akademis. Gunakan HTML Heading Tags untuk menekankan hal-hal yang penting.

3. Perkecil Ukuran GrafisKarena elemen-elemen grafis merupakan hal yang rentan jika menyangkut urusan halaman web, Anda harus berhati-hati dengan masalah optimalisasi grafis. Pilihlah jenis format gambar yang tepat (GIF, JPEG atau PNG) dengan tetap memperhatikan titik batas rasio "ukuran layar / kualitas / jumlah warna / dan tingkat detail. Jika memungkinkan, usahakan agar ukuran gambar tetap di bawah 1 KB. Menurut data transfer protokol TCP IP, gambar seperti itu akan muncul cukup cepat.

4. Buatlah website Anda menjadi beberapa bagianKetimbang memaksakan satu halaman web berisi informasi dalam jumlah besar, lebih baik membagi website Anda menjadi beberapa halaman web yang berukuran lebih kecil. Ini terutama perlu dilakukan jika Anda ingin menampilkan banyak gambar.

5. Minimalkan penggunaan GambarCobalah untuk tidak menampilkan lebih dari 4 elemen gambar di masing-masing halaman web. Jika memungkinkan, gantilah image-buttons dengan teks sederhana untuk link ke halaman lain atau pun link ke website mitra Anda.
 
Gunakan pilihan Interlaced bagi Gambar dalam format GIF
Ketika menyimpan gambar yang besar dalam format GIF, jangan lupa untuk mencentang (check) kotak "interlaced" pada kotak "Save As" dalam software pengolah gambar yang Anda gunakan. Memang ini tidak akan memperkecil ukuran file GIF, namun ia akan memberitahu browser agar me-loading gambar dalam dua tahap sehingga dalam waktu singkat akan tampil sesuatu objek di monitor pengunjung. Apakah loading yang cepat merupakan sebuah keuntungan dalam Optimalisasi Search Engine (Mesin Pencari) ?

Jujur saya katakan, ini memang bukan hal yang terlalu mengganggu. Namun demi Optimalisasi Search Engine, dianjurkan agar halaman-halaman web Anda bisa diakses dengan cepat. Paling tidak, pada kunjungan pertamanya robot Mesin Pencari biasanya hanya sebentar berada di website Anda. Jika robot ini bisa dengan mudah mengakses isi halaman web, maka meskipun waktunya singkat, ia akan bisa mengumpulkan informasi lebih banyak, dan ini menguntungkan kita.

Catatan: Dalam hal Optimalisasi dan Efisiensi Website, kita harus berusaha sebisa mungkin agar website kita bisa loading secepat mungkin di monitor pengunjung. Selalu ada kesempatan yang lebih besar untuk bertahan di Dunia Maya bagi Si Cepat ketimbang Si Lelet.


FUNGSI HOMEPAGE
 
     
Homepage alias halaman utama adalah halaman halaman yang disiapkan untuk muncul pertamakali ketika orang membuka sebuah alamat website. Halaman ini menjadi semacam etalase atau display yang sangat menentukan. Kesan pengunjung terhadap sebuah website dimulai dari sini. Jika orang terkesan karena cepat terbuka, tampilan menarik dll, hampir bisa dipastikan bahwa ia akan meneruskan penjelajahan ke bagian-bagian lain dari website itu. Namun sebaliknya jika kesan pertama negatif, maka pengunjung akan segera pindah ke website lain.
 
Kebanyakan halaman utama website bisnis saat ini mengidap sindrom krisis identitas. Mereka ingin merangkum semua fungsi yang seharusnya menjadi tugas halaman-halaman lain. Akibatnya, semua yang harusnya berfungsi dengan baik, malah jadi tidak berfungsi sama sekali.

Anda sebaiknya mengetahui bahwa:
  • Halaman Utama bukanlah tempat untuk memaparkan bisnis Anda secara panjang lebar. Itu fungsi yang seharusnya dilakukan oleh halaman "tentang kami" (about us) atau "info perusahaan" (company information). Di halaman utama, informasi seperti ini hanya akan membuat orang merasa bosan.
  • Halaman Utama bukanlah tempat untuk menulis daftar atau untuk halaman penjualan seluruh produk Anda (kecuali jika website Anda hanya memiliki satu atau dua halaman). Anda sebaiknya memiliki halaman khusus untuk menampilkan produk dan jasa yang Anda tawarkan, dan akan lebih baik jika berupa shopping cart atau katalog. Berusaha membuat orang membeli di halaman utama akan terkesan memaksa. Selain itu, halaman utama Anda akan terlihat penuh sesak pada saat jumlah produk yang Anda tawarkan bertambah. Lebih baik tuliskan saja daftar kategori produk, lalu sertakan link ke halaman lain yang berisi paparan lengkapnya.
  • Halaman Utama bukanlah tempat untuk menuliskan naskah lengkap pengumuman dan press release. Di Halaman Utama, tulis saja satu atau dua paragraf menarik dari masing-masing artikel, lalu sertakan link yang akan membawa pengunjung ke halaman yang memuat artikel selengkapnya. Jika pengunjung memang tertarik, pasti mereka akan membuka halaman yang berisi artikel lengkap. Kalau pun mereka tidak tertarik, minimal Anda tidak membuat mereka bosan dan pindah ke website lain.
  • Halaman Utama bukanlah blog pribadi milik Direktur atau Pemilik Perusahaan. Anda boleh-boleh saja bercerita, mengoceh, atau bahkan berkhotbah tentang perlunya perdamaian dunia. Tapi tentu saja bukan di Halaman Utama.
Seperti Anda ketahui, website yang baik biasanya memiliki banyak halaman. Harus ada Halaman Khusus untuk topik-topik tertentu: halaman "tentang kami" untuk informasi seputar perusahaan, katalog berisi produk dan jasa yang Anda tawarkan, dll. Jika Anda mengiklankan atau membuat link ke website Anda di tempat lain, buatlah link yang langsung menuju halaman yang bersangkutan. Misalkan produk Anda adalah sepatu, maka buatlah link ke halaman produk, dan tidak perlu link ke homepage Anda. Bukan berarti homepage Anda tidak penting, tapi lakukanlah sesuatu secara efektif dan proporsional.

TIPS MENULIS HOMEPAGE
 
     
Sasaran:Halaman Utama Website Bisnis Anda harus merupakan persembahan terbaik bagi semua orang yang mengetikkan URL Anda di navigation bar mereka, tidak peduli apakah itu pengunjung setia pada kunjungan ke 600 kalinya atau pun pengunjung yang hanya secara kebetulan menemukan alamat web Anda di belakang mobil yang lewat.

Isi/konten:Khusus untuk pengunjung baru, halaman utama harus mengandung ringkasan tentang siapa Anda dan apa yang bisa dilakukan pengunjung di website Anda. Paragraf satu sampai tiga sebaiknya mengandung gambaran singkat tentang hal apa saja yang bisa mereka lakukan di website Anda. Misalnya, Anda bisa menuliskan paragraf pendek tentang "membeli sepatu", "lebih jauh tentang sepatu" dan "bergabung dengan pecinta sepatu", lengkap dengan shopping cart, artikel yang informatif, alamat atau nomor yang bisa dihubungi, dll.

Bagi pengunjung yang datang untuk kedua kali dst, halaman utama harus menjadi titik pusat untuk memandu penjelajahan isi website, mengumumkan perkembangan terbaru serta mengarahkan mereka ke halaman yang mereka butuhkan. Untuk pengunjung seperti ini, Anda tidak perlu menulis sesuatu yang baru di halaman utama Anda. Orang yang berkunjung kembali ke situs Anda pasti karena merasa tertarik dan ingin mengatahui halaman-halaman lain dari website Anda, ketimbang memelototi website Anda sambil berpikir cocok atau tidaknya website ini bagi mereka.

Itulah sebabnya, halaman utama Anda harus bisa membujuk orang untuk menjelajahi keseluruhan website Anda. Misalnya, Anda bisa menyertakan 'tips minggu ini', link ke halaman lain disertai tulisan ringkas yang menarik dll. Navigasi yang baik (daftar link berisi antara 4 sampai 8 link ke halaman terpeting dari website Anda) juga merupakan suatu keharusan.

Baik untuk pengunjung baru maupun pengunjung lama, selalu sediakan panduan yang jelas berupa gambar serta satu atau dua kalimat deskripsi, yang mengantarkan mereka ke halaman berisi produk/jasa yang Anda tawarkan.

Anda juga perlu menampilkan konsumen yang merasa puas dengan produk Anda. Akan lebih baik jika konsumen yang bersangkutan megirimkan fotonya kepada Anda. Namun yang terpenting, harus ada kutipan ungkapan kepuasan konsumen. Jika memungkinkan, sertakan jiga link ke website konsumen yang bersangkutan, jika ia juga mengungkapkan rasa puasnya terhadap produk Anda di website miliknya.

Nama atau Judul:Jangan memberi judul Halaman Utama Anda dengan "Selamat Datang di [nama website Anda]". Jangan tuliskan kata-kata itu di bagian mana pun dari halaman utama Anda. Hanya buang waktu saja. Ini mungkin biasa di tahun 1996 tapi saat ini sudah sangat ketinggalan zaman. Orang juga tahu bahwa mereka ada di website Anda. Yang harus Anda jelaskan adalah: Apa yang bisa mereka lakukan di website Anda. Anda bisa mencoba kata-kata seperti misalnya "Menulis, Menerbitkan, dan Menjual e-Book Secara Mandiri".

Selain itu, pastikan bahwa judul yang Anda pilih berkaitan dengan kata-kata kunci yang menurut Anda akan digunakan orang pada saat mencari produk atau jasa yang Anda tawarkan di internet. Mesin pencari (search engine) biasanya mengelompokkan halaman-halaman yang dijelajahi berdasarkan judul dan teks awal dari halaman utama.

Jumlah kata:Idealnya, beberapa paragraf awal dari sebuah halaman utama (yang ditujukan bagi pengunjung baru) berkisar antara 100-350 kata. Sementara paragraf berisi bujukan untuk menjelajahi website Anda yang ditujukan bagi pengunjung lama tidak boleh lebih dari 100 kata per paragrafnya.
 
Pastikan Website Anda Memiliki Halaman Utama Terbaik:Sebelum halaman utama di-opload ke internet, lakukanlah pengujian dengan bantuan beberapa orang, kalau bisa yang tidak terlalu kenal dengan Anda. Jangan sekedar bertanya kepada teman atau saudara apakah mereka menyukainya atau tidak. Orang-orang dekat biasanya agak sungkan untuk mengkritik. Padahal pujian hanya akan menutupi penilaian yang jujur terhadap homepage Anda. Lebih baik mintalah mereka untuk menemukan cara membeli produk terbaru Anda. Atau jika mereka Anda anggap paham soal website, tanyakanlah apa perkembangan penting yang baru-baru ini terjadi di website Anda. Jika mereka tidak bisa menemukan halaman yang tepat dalam waktu delapan detik (batas maksimal rata-rata perhatian orang terhadap sebuah website), maka website Anda belum laik-upload.
 
Kalau memang demikian, nampaknya Anda perlu menyewa jasa penulis naskah website, perusahaan penulis naskah online, atau penyedia isi website untuk membantu membuat halaman utama Anda. Lagi pula, Anda tidak membangun gedung kantor Anda sendiri kan? Kadang-kadang kita memang membutuhkan bantuan orang lain, dan begitu pula sebaliknya. Jadi, tidak perlu kecewa. Toh masing-masing orang punya kekurangan di samping kelebihan












 

2 Responses to "Cara membuat web/blog anti lelet"

  1. Postingan menarik gan n angin segar buat blog ane yg sering lelet,,,*_^

    BalasHapus

Jangan Menulis Komentar Mengandung
SPAM, SARA, P*RNO Atau KATA KASAR..!!