Ciri-Ciri Pemimpin yang Ideal

Ciri-Ciri Pemimpin yang Ideal - Assalamualaiakum sobat blogger,alhamdulillah bisa posting lagi. Mungkin kurang lebih sebulan ini akan di laksanakan pemilihan presiden. Saat - saat seperti inilah banyak kecurangan yang terjadi.

Politik di Indonesia sangatlah buruk, apalagi kalau enggak ada uang maka kebanyakan masyarakat akan golput. Tapi ada juga kampaye hitam yaitu saling menjelekkan pihak satu dengan yang lain.

Postingan ini tak mendukung salah satu capres dan cawapres, tapi postingan ini mengingatkan masyarakat agar tepat untuk memilih pemimpin yang baik di kelak nanti. Nah menurut berbagai sumber yang terpercaya, berikut adalah Ciri-Ciri Pemimpin yang Ideal dan baik :

Ciri-Ciri Pemimpin yang Ideal


1. Jujur (honest).
Kejujuran adalah ciri pemimpin yang paling hakiki dan paling mudah dilihat. Kejujuran inilah yang mendasari setiap tindakan sebagai hasil dari kebijakannya. Seorang pemimpin ideal harus memiliki kejujuran dan integritas (kemampuan berpegang pada keteguhan pada kebenaran).

2. Kompeten (competent)
.
Seorang pemimpin harus memiliki kecakapan pribadi, yang terlihat dalam gaya kepemimpinannya yang menyesuaikan dengan tantangan organisasi. Ketrampilan dalam menentukan arah, meyakinkan anggota organisasi, memahami akar permasalahan, adalah diantara bentuk kompetensi pemimpin.

3. Visi yang jauh ke depan (long term vision)
.
Pemimpin yang ideal mampu melihat apa yang tidak terlihat yaitu perubahan yang mungkin akan terjadi beberapa tahun kedepan sekaligus mampu mengantisipasi kemana perubahan bergerak.

4. Inspirasional (inspirational).
Pemimpin yang baik pandai memberikan mimpi, motivasi, dan mendorong orang-orang dalam organisasinya berani bermimpi lebih tinggi, berusaha dan bertindak lebih keras.

5. Cerdas (brainy)
.
Pemimpin ideal haruslah cerdas dalam arti tahu batas-batas yang menjadi pengetahuannya dan kemampannya, serta kapan harus memberikan kesempatan kepada orang lain untuk tampil memberikan gagasan atau masukan alternatif atau terobosan yang lebih baik.

6. Berkeadilan (righteous)
.
Pemimpin yang memiliki kejujuran yang tinggi umumnya juga memiliki karakter yang adil. Adil berarti tidak memihak, bertindak fair, tidak pilih kasih, dan menempatkan segala sesuatu pada proporsi semestinya dan mengormati peraturan yang ada.

7. Berwawasan luas (insightful).
Pemimpin yang baik harus memiliki pengetahuan yang cukup, dan wawasan yang luas sehingga dapat mengambil keputusan dengan berani dan tepat.

8. Berani (courageous).
Keberanian bertindak dan bersikap karena dilandasi dengan prinsip yang benar semata-mata karena tanggungjawab kepada orang-orang yang dipimpinnya dan kepada Tuhan.

9. Konsisten (consistent)

Pemimpin perlu tegas dalam bersikap, persistent (keteguhan) dalam mempertahankan prinsip, dan konsisten antara perbuatan dan perkataan. Konsisten dalam menjalankan kebijakan yang telah diputuskan.

10. Imajinatif (imaginative)
.
Melengkapi 10 karakter pemimin ideal adalah imaginasi. Imajinasi dibutuhkan untuk tetap membuat organisasi yang dipimpinnya survive dalam menghadapi tantangan dalam bentuk perubahan lingkungan. Imajinasi adalah kunci untuk melakukan adaptasi, dan inovasi.

10 karakter pemimpin tersebut merupakan kualitas kepribadian sehingga dengan kejujurannya, kompetensinya, kecerdasannya, imajinasi, dan wawasannya yang luas para pemimpin mampu mengambil keuputusan yang adil, berani, dan memiliki visi jangka panjang. Mereka juga mampu memberikan semangat, tindakan nyata, dan keyakinan dan konsistensi dalam mempertahankan keteguhan hatinya bagi orang-orang yang dipimpinnya untuk berani bermimpi lebih tinggi, belajar lebih keras, dan berbuat lebih banyak untuk mengejar tujuan bersama.


Demikian mengenai Ciri-Ciri Pemimpin yang Ideal, semoga postingan kali ini bisa lebih bermanfaat buat banyak orang dan bisa memilih pemimpin yang lebih layak untuk memimpin indonesia lima tahu kedepan. Wassalamualaikum

1 Response to "Ciri-Ciri Pemimpin yang Ideal"

  1. Wah bisa di jadikan referensi dalam era pemilihan presiden nih.. makasih telah berbagi pengetahuan tentang memilih seorang pemimpin

    daun buah

    BalasHapus

Jangan Menulis Komentar Mengandung
SPAM, SARA, P*RNO Atau KATA KASAR..!!