Tindakan Menghadapi Gempa Bumi

Tindakan Menghadapi Gempa Bumi - Assalamualikum sobat blogger,alhamdulillah bisa posting lagi. Gempa bumi yang terjadi di Indonesia bisa disebabkan oleh pergerakan magma gunung berapi atau gempa vulkanik, namun bisa juga disebabkan oleh pergerakan lempeng bumi. Hal ini disebabkan Indonesia mempunyai banyak gunung berapi, dan berada pada wilayah pertemuan 3 lempeng kerak bumi, yaitu lempeng Eurasia, lempeng Pasifik dan lempeng India- Australia. Selain itu, Indonesia juga berada pada wilayah pertemuan 2 jalur gempa utama dunia, yaitu jalur gempa sirkum pasifik dan jalur gempa Alpide Transiatic.

Dan sekarang Indonesia sedang banyak di landa bencana, mulai bencana banjir yang alhamdulillahnya sudah surut, tapi sayangnya setelah banjir surut negeri tercinta Indonesia masih di uji oleh Tuhan dengan bencana yang terus datang. Baru-baru ini indonesia sedang menghadapi bencana gunung sinabung dan Kelud yang meletus. Biasanya sebelum terjadinya gunung meletus ada gempa bumi yang terjadi.
Tindakan Menghadapi Bencana Gempa Bumi

Lalu tindakan apa yang perlu di ambil agar bisa terhindar dari gempa Bumi, berikut adalah sedikit tips yang bisa anda coba kalau terjadi gempa bumi.

Sebelum Datang Gempa

1. Belajar bagaimana menghadapi gempa, sehingga kita bisa mengambil tindakan secara cepat atau bahkan secara insting.


2. Beritahukan kepada seluruh anggota keluarga mengenai bagaimana harus bertindak saat terjadi gempa, tempat-tempat yang aman untuk berlindung saat terjadi gempa dan tempat-tempat yang harus dihindari saat terjadi gempa.


3. Mempersiapkan perlengkapan-perlengkapan darurat seperti lampu senter, P3K dan alat komunikasi.


4. Mengatur rumah dengan baik. Letakkan barang-barang yang berat di tempat yang rendah, simpan barang-barang yang mudah pecah di dalam lemari dengan pintu dan hindari menggantung barang-barang berat diatas tempat-tempat yang biasanya digunakan untuk istirahat atau tidur.


5. Berikan pengait yang cukup untuk perlengkapan rumah tangga yang menempel di dinding.


6. Simpan cairan yang mudah terbakar jauh dari sumber lentikan api.


7. Ketahui posisi saklar utama untuk air, gas dan listrik.

Saat Gempa Datang

1. Jika berada di dalam ruangan, tetap di dalam sampai gempa berhenti. Segera cari lokasi yang aman. Dibawah meja yang kuat atau tulang bangunan. Tujuannya adalah untuk menghindari benda-benda yang terjatuh dan berada di dekat struktur rumah yang paling kuat. Hindari berlindung di dekat jendela, cermin besar, benda-benda yang digantung, benda-benda berat yang mungkin menimpa.


2. Jika sedang memasak, segera matikan kompor dan berlindung.


3. Jika berada di luar ruangan, cari area terbuka yang jauh dari bangunan, tiang listrik atau pohon yang berpotensi roboh.


4. Jika sedang menyetir, segera menepi dan berhenti. Hindari berhenti di jembatan, underpass, flyover, dekat tiang listrik, pohon atau rambu-rambu yang besar. Dan tetap berada di dalam mobil sampai gempa berhenti.

Setelah Gempa

1. Periksa apakah anda terluka, ambil tindakan segera bila diperlukan.


2. Periksa apakah ada kerusakan, jika bangunan anda mengalami kerusakan segera tinggalkan dan jangan kembali sampai dipastikan aman oleh pihak yang lebih ahli.


3. Jika mencium bau gas, hati-hati jangan sampai menyalakan api dan menyalakan perlengkapan elektronik karena lentikan api sedikit saja sudah bisa menyambar gas yang bocor.


4. Matikan sumber listrik terlebih dahulu untuk menghindari resiko terkena setrum pada kabel yang terkelupas dan sebagainya.


Demikian mengenai Tindakan Menghadapi Gempa Bumi, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat buat kalian semuanya.

sumber

0 Response to "Tindakan Menghadapi Gempa Bumi"

Poskan Komentar

Jangan Menulis Komentar Mengandung
SPAM, SARA, P*RNO Atau KATA KASAR..!!