Manfaat Isoflavon Untuk Kesehatan

Manfaat Isoflavon Untuk Kesehatan -
Assalamualaikum sobat blogger,alhamdulillah bisa update lagi.Salah satu nutrisi dalam kedelai dan makanan berbahan dasar kedelai seperti miso, tahu, tempe, serta snack fruit soy bar adalah isoflavon. Dalam kedelai, senyawa molekul bioaktif ini memiliki struktur kimia dan fungsi yang sama dengan hormon estrogen. Itu sebabnya banyak penelitian dilakukan untuk menguji manfaat isoflavon pada kesehatan, terutama pada wanita.
Beberapa manfaat isoflavon yang sedang diuji di antaranya adalah:

Manfaat Isoflavon Untuk Kesehatan
1. Pada Kanker Payudara
Dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada Juli 2012, tim peneliti Amerika Serikat dan Cina menerbitkan penelitian mereka mengenai manfaat isoflavon pada kanker payudara. Penelitian ini memonitor dan meneliti asupan isoflavon kedelai pada 9500 wanita Amerika dan Cina yang telah selamat dari kanker payudara selama lebih dari 7 tahun. Hasilnya, mereka menemukan bahwa isoflavon kedelai dapat menurunkan risiko kambuhnya kanker payudara. Isoflavon kedelai juga menurunkan tingkat kematian akibat kanker payudara, walaupun tidak secara signifikan.

2. Pada Osteoporosis
Peneliti dari Sichuan University, Cina, melaporkan bahwa asupan isoflavon secara rutin bisa dihubungkan dengan menurunnya masalah tulang keropos. Hasil penelitian ini diterbitkan dalam Asia Pacific Journal of Tropical Medicine pada Maret 2012.

3. Pada Gejala Menopause
Seperti yang telah disebutkan tadi, isoflavon memiliki struktur kimia yang mirip dengan hormon estrogen. Itu sebabnya, isoflavon kedelai dianggap bisa membantu mengatasi gejala menopause yang timbul karena berkurangnya hormon estrogen. Peneliti dari University of Catania, Italia, menemukan bahwa isoflavon kedelai menurunkan masalah depresi, insomnia, dan panas yang muncul akibat menopause hingga 40%. Tapi, efeknya pada beberapa gejala lain seperti rasa sakit pada tubuh tidak signifikan. Hasil penelitian ini diterbitkan di Minerva Ginecologica edisi Februari 2012.

4. Pada Kadar Kolesterol
Pada Oktober 1999, Food and Drug Administration Amerika Serikat mengklaim kedelai memiliki manfaat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Menurut klaim tersebut, 25 gram protein kedelai per hari yang mengandung isoflavon alami mampu menurunkan tingkat LDL alias kolesterol jahat hingga 10%. Agar sebuah produk makanan kemasan dari kedelai bisa bermanfaat menurunkan kolesterol, makanan tersebut harus mengandung lemak kurang dari 3 gram, rendah sodium (garam), rendah lemak jenuh, serta tentu saja rendah kolesterol.
Isoflavon juga terkandung dalam kacang-kacangan, buah, dan sayuran. Tapi, kedelai adalah sumber utama isoflavon, karena tiap 110 gram kedelai yang telah direbus mengandung 47mg isoflavon. Jumlah ini lebih tinggi dari asupan minimum isoflavon yang disarankan, yaitu 25-50mg per hari. Jadi, kenapa masih ragu untuk mengonsumsi kedelai?

Untuk informasi kesehatan lainnya, bisa di cek di: www.soylution.co.id 

Demikian mengenai Manfaat Isoflavon Untuk Kesehatan.semoga dapat bermanfaat buat kalian semuanya,wassalamualaikum

sumber:vemale.com

0 Response to "Manfaat Isoflavon Untuk Kesehatan"

Poskan Komentar

Jangan Menulis Komentar Mengandung
SPAM, SARA, P*RNO Atau KATA KASAR..!!