6 Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Pada Anak

6 Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Pada Anak -
Assalamualaikum sobat blogger,alahamdulillah bisa update lagi.Setiap orangtua, tentunya menginginkan buah hatinya kelak bisa menjadi seorang pemimpin. Namun untuk bisa mewujudkannya, orangtualah yang berperan penting dalam membangun jiwa kepemimpinan anak tersebut. Lantas, bagaimana caranya agar bisa membangun jiwa kepemimpinan anak dengan benar?
6 Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Pada Anak

Berikut ini beberapa caranya, seperti yang dipaparkan oleh Feny Mustafa, Owner Shafira Corporation dan Anies Baswedan, Rektor Universitas Paramadina, dalam acara Talkshow bertema 'Peran Keluarga dalam Membangun Jiwa Kepemimpinan Anak' yang digelar di Hotel Kartika Chandra, Jl. Jend. Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (19/6/2013).

1. Bentuk Karakter yang Bisa Dipercaya
Sebelum membengkali anak-anak jiwa kepemimpinan, orangtua perlu menjadi orang yang dipercaya. Anies menyarankan bentuklah karakter yang bisa dipercaya oleh buah hati.

"Bila Anda dipercaya, maka orang secara langsung akan mengikuti Anda. Dan apabila Anda percaya dengan seseorang, tentu ada sesuatu yang baik pada orang tersebut," jelas Anies, disela-sela talkshow yang diselenggarakan di Hotel Kartika Chandra, Gatot Subroto, Jakarta.

2. Tunjukkan Kejujuran
Sebagai orangtua, tunjukkanlah kejujuran pada anak, agar kelak mereka juga berperilaku jujur. "Anak akan selalu mengikuti orangtuanya. Lihat cara berbicara Anda, maka anak juga akan terbawa berbicara seperti Anda," ucap pria yang sudah menjadi rektor sejak umur 38 tahun itu.

3. Jangan Keras
Apabila anak Anda melakukan sesuatu yang salah, maka beritahulah dengan baik tanpa harus berperilaku keras dan kasar padanya. "Didorong untuk tumbuh, bila ada penyimpangan diberitahu dengan baik bukan dengan sesuatu yang keras," ujar pria berumur 44 tahun itu.

4. Biarkan Anak Memutuskan
Dalam mendidik anak, Anda harus berani membiarkan mereka yang memutuskan segala sesuatu rencana hidup mereka. "Biarkan ia memiliki keputusan sendiri, mau kuliah dimana misalnya. Karena menurut saya yang paling penting adalah bisa membuat keputusan dan memulainya," jelas Feny Mustafa.

5. Percaya Pada Anak
Feny juga mengingatkan bahwa dalam mendidik anak, harus berani dan siap. Berani dan siap di sini misalnya mau memberikan kepercayaan pada anak. Anda harus bisa berani untuk percaya pada sang buah hati. Katakan pula pada mereka "apapun yang kamu kerjakan ibu percaya."

6. Biarkan Anak Atasi Masalah
"Biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri. Biarkan dia repot. Biarkan dia sulit. Supaya ke depannya dia tidak mendapat masalah. Kalau dibiarkan selalu dibantu, maka anak nggak akan bisa menyelesaikan masalah sendiri," tutup Anies.


Demikian mengenai 6 Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Pada Anak,semoga dapat bermnafaat buat kalian semuanya,wassalamualaikum.
  
sumber: wolipop.detik.com

0 Response to "6 Cara Membangun Jiwa Kepemimpinan Pada Anak"

Poskan Komentar

Jangan Menulis Komentar Mengandung
SPAM, SARA, P*RNO Atau KATA KASAR..!!