Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil - Assalamualaikum sobat blogger,alhamdulillah bisa update lagi.Anda sedang hamil dan sering terkena sembelit atau susah buang air besar? Tak perlu khawatir, Anda bukanlah satu-satunya orang yang merasakan hal itu. Nah, ada beberapa hal yang perlu dicoba untuk mengatasi sembelit saat hamil.

Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil

Menurut Sonali Shivlani, konsuler kandungan, gizi anak, dan ibu menyusui, sembelit selama masa kehamilan bisa terjadi karena beberapa sebab. Salah satunya adalah perubahan hormon yang tidak memungkinkan proses alami pencernaan. Selain itu, sembelit juga diakibatkan karena kebanyakan ibu hamil mengonsumsi zat besi, yang cenderung membuat sembelit.

Dalam beberapa kasus, sembelit parah bisa mengakibatkan anus robek dan ini harus segera diobati. Seperti dikutip dari health.india.com, Minggu (23/6/2013), jika Anda sedang hamil dan sering sembelit, ada beberapa pengobatan 'rumahan' yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir sembelit.

Sertakan buah-buahan dan sayuran segar dalam menu harian Anda. Selain buah dan sayuran segar, biji-bijian segar juga bisa menambah serat sehingga meringankan sembelit yang Anda derita. Selain itu, minumlah banyak cairan dan konsumsilah makanan yang sehat dan seimbang.

Suplemen zat besi memang baik bagi wanita hamil agar bobot si bayi tidak terlalu kecil saat dilahirkan. Namun, sebaiknya mintalah dokter kandungan Anda untuk memberi suplemen zat besi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini karena terlalu banyak mengonsumsi zat besi bisa mengakibatkan sembelit.

Makanlah beberapa buah kismis setiap pagi, dengan direndam terlebih dahulu. Kismis bisa menjadi pencahar alami yang baik karena kismis mengandung cukup banyak serat. Sebisa mungkin hindari mengonsumsi obat pencahar tanpa pengawasan dokter, meskipun seringkali Anda merasa tergoda untuk meminumnya.


Demikian mengenai Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil,semoga dapat bermanfaat buat kalian semuanya,wassalamualaikum.

0 Response to "Cara Mengatasi Sembelit Saat Hamil"

Posting Komentar

Jangan Menulis Komentar Mengandung
SPAM, SARA, P*RNO Atau KATA KASAR..!!